Arab Saudi Jadi Tuan Rumah World Expo 2030, Kalahkan Korea Selatan yang Kampanyenya Dibantu BTS1 min read


Liputan6.com, Jakarta – Pada Selasa, 28 November 2023, ibu kota Arab Saudi, Riyadh, terpilih menjadi tuan rumah World Expo 2030. Negeri Timur Tengah itu mengalahkan Roma, Italia, dan Kota Pelabuhan Korea Selatan, Busan, dalam acara yang diperkirakan akan menarik jutaan pengunjung tersebut.

Anggota Bureau Worldwide des Expositions yang berbasis di Paris, Prancis, memilih Riyadh dengan mayoritas 119 dari 165 jumlah suara dalam pertemuan tertutup di pinggiran Issy-les-Moulineaux. Busan, Korea Selatan, mendapat 29 suara dan Roma 17. Hasil tersebut disambut sorak-sorai delegasi Saudi.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan, menyambut baik pemungutan suara tersebut sebagai “ekspresi kepercayaan komunitas internasional terhadap apa yang kami tawarkan… namun juga sejalan dengan visi kami sendiri (untuk) 2030 dan segala sesuatu yang kami dukung. Untuk itu, hal ini merupakan jalan bersama menuju kemakmuran bagi semua negara di dunia,” ungkapnya.

“Kami berkomitmen untuk memenuhi harapan dan menyelenggarakan pameran yang luar biasa,” jelas Pangeran Faisal.

Rencana pembangunan Arab Saudi untuk Expo tersebut mencakup jaringan angkutan umum besar dan ruang bundar futuristik dengan taman umum, fasilitas e-game, panggung pertunjukan berskala besar, dan tempat olahraga. Proyek ini mencakup fokus pada percepatan inovasi untuk melestarikan ekosistem alami.

“Warisan Riyadh Expo 2030 akan melampaui bangunannya,” tambahnya, ia menjanjikan arsitektur yang “fantastis”. “Kami adalah tentang sebuah perjalanan, sebuah perjalanan yang menyatukan dunia… Jadi itu akan menjadi warisan, bekerja sama untuk masa depan yang lebih cerah dan sejahtera,” tuturnya.



Supply hyperlink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 Must-Watch Hollywood Movies Releasing in October 2023 The Exorcist Movies Ranked Worst To Best 7 Bollywood Movies Releasing in October 2023 RANKED: ‘Little Women’ Adaptations Meet the Voices: ‘Toy Story 4’ Tom Hanks’ 10 Best Performances